Minggu, 24 Agustus 2014

Tips Mencuci Pakaian Berbahan Denim

Hi sobat denim. Gw kali ini mau berbagi cara mencuci celana denim atau apapun yang berbahan dasar denim. Perawatannya cukup mudah kok dan gak menyita waktu kalian. OK kita mulai aja ya sob.

sumber: http://brooklynclothing.com/vancouver/files/2013/07/Bubble-Action-Washing-the-Jean.jpg 
  1. Pastikan sebelum di cuci pakaian kalian dibalik dulu. Kenapa dibalik agar bagian yang berwarnanya tidak mengenai langsung air atau sabun yang kalian gunakan.
  2. Gunakan air dingin. Kalau kamu menggunakan air panas maka akan melunturkan semua warna yang ada dipakaian kamu. Jadi hati-hati ya.
  3. Jangan pakai mesin cuci atau gunakan putaran yang lembut. Kalau memang ada noda yang membandel mendingan kalian gosok menggunakan tangan dan jangan sekali-kali menggunakan sikat. Bisa luntur sob, kecuali kalau emang kamu mau buat fading dipakaian denim kalian.
  4. Gunakan detergen yang tidak terlalu keras atau mengandung pemutih. Ini juga penting kalian tidak mau celana jadi bau kan? jadi kalian harus memakai detergen tapi jangan yang terlalu keras atau ada pemutihnya karena dapat melunturkan warna dari kain itu sendiri. Terutama yang menggunakan mesin cuci.
  5. Kalian bisa menambahkan garam ke dalam larutan cucian kalian. Kenapa garam? Karena garam dapat mengikat warna kain lebih kuat. Pernah dengarkan ada salah satu brand ternama yang cara pencuciannya di air laut? Nah itu supaya warna kainnya tetap terjaga. Tapi jangan lupa dibilas lagi dengan air biasa soalnya kalau kamu gak bilas bisa lengket.
  6. Jangan gunakan pelembut atau sejenisnya. Kenapa demikian? Agar menjaga tingkat kementahan bahan denim tersebut. Buat kalian yang suka Raw Denim ini salah satu trik agar walaupun pakaian denim kalian itu di cuci tapi tidak menghilangkan sifat mentahnya.
  7. Pastikan pakaian kalian tetap terbalik ketika menjemur. Agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Karena panas dari sinar matahari akan memudarkan pakaian denim kalian.
  8. Jangan terlalu sering di cuci. iya, pakaian denim aman kok untuk tidak dicuci selama berbulan-bulan. 

sumber: http://i.huffpost.com/gen/1830378/thumbs/o-WASHING-JEANS-facebook.jpg

 Nah sob, itu tips-tips dari gw tentang cara merawat pakaian denim kalian. Tapi jangan takut untuk kehilangan warna kain denim, makin fading dia makin keren jadinya. Dan jangan terlalu memanjakan pakaian denim kalian soalnya pakaian denim itu mencerminkan sifat pemiliknya. Sampai jumpa di postingan-postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar